Rabu, 16 November 2016

KATA BAPAKNYA RADITYA DIKA

Lagi-lagi mungkin banyak orang yang bilang kalo orang kaya raditya dika mungkin hanya indola remaja labil dan masih ngga ngerti soal hidup, tapi gue adalah seorang lelaki dewasa brewokan yang masih nonton vlognya raditya dika di youtube dan selalu ngikutin perjalanannya, hari ini si bang dika ini, upload video tentang 5 quotes yang paling berarti buat hidup dia, dan salah satunya adalah yang bikin gw tertegun dan bikin gw sadar akan apa yang terjadi di hidup gue belakangan ini. qoutes ini katanya di kasih tau sama bokapnya katanya gini " do what you do best, and money will come by it self".dari kata-kata itu gue mikir, mikir keras sampe mimisan, kenapa?, gue ceritain kenapa.

gue adalah seorang penyanyi yang dulu ngomong kaya gini " musik itu dateng dari dalam diri kita, uang ga bisa mempengaruhi keinginan gue untuk bermusik". sejak saat itu gue mulai sering main dan bikin project sama satu band bernama lugu, dan entah kenapa saat nyanyi sama lugu gue ngerasa keinginan untuk bermusik gue tersalurkan, dengan kita bikin singel judulnya diam-diam dan dapet respon positif juga dari orang-orang di sekitar gue, saat itu mungkin gue yang masih keras kepala mikir, gue bikin lagu-lagu begini ga bisa dapet duit dengan cepet, lalu entah bagaimana ceritanya banyaklah tawaran-twaran dari orang di sekitar gue untuk nyanyi, entah main akustik atau nyanyi di wedding, dengan begitu gue mulai banyak dapet pemasukan dari nyanyi-nyanyi di luar lugu, dan mungkin disitu jiwa gue berubah, jiwa gue tidak lagi menjadi jiwa musisi yang dulu yang senang dan menikmati musik sebagai passion gue, tapi pikiran gue berubah menjadi pemikiran dimana musik adalah sarana untuk gue mencari uang, gue yang penting bisa nyanyiin lagu yang di harapkan sama suatu band atau suatu kontrak, pemikiran gue adalah yaudalah gue nyanyi sebisanya aja yang penting di bayar, lumayan emang tapi ternyata membatin juga.

sampe gue akhirnya kmaren main lagi sama lugu di suatu acara kampus, ga nyangka ketika naik dan nyanyiin lagu kita yang mereka request, ternyata banyak yang udah afal lagunya, man gue ga nyangka bisa sebahagia itu ketika orang nyanyiin lagu yang kita buat, di panggung gue tutup mata  dan gemeteran, bahkan merinding denger orang nyanyiin lagu itu, kebahagiaan ternyata kita berkarya dan karya kita bisa di terima sama banyak orang, mereka nyanyiin dengan lantang lagu ini, damn i love it.

dan setelah manggung dan tadi pagi gue denger quotes dari bapaknya raditya dika, gue merasa tertampar, seni tidak lahir karena seseorang nyari uang, seni lahir dari kejujuran orang itu menuangkan karyanya yang ngga pernah nyangka kalo keresahan yang di tuangkan dari seninya akan menghasilkan uang, selama ini gue ga jujur sama seni, selama ini gue cuma jadi pelaku seni yang mencari materi, itu makanya mungkin gue belum sukses, tapi akhirnya gue belajar, kalo gue harus menuangkan seni itu dari hati, lakukan dengan baik apa yang gue mau, yaitu menjadi seorang musisi, karena ketika kita berikan yang terbaik melalui apa yang kita tekuni, then money will come by itself.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar