Rabu, 13 Mei 2020

Jadi musisi bisa hidup kok

Berbekal suara pas-pasan dalam tubuh dan jiwa raga ini, gue jadi penyanyi. 
Menyanyikan lagu di kafe, wedding, gathering, spooring, balancing sampe juling, bikin gua mendapatkan pemasukan untuk bisa menyambung hidup gue belakangan ini, maksud gw sebelum corona ya!!!... Corona anjing lahhh!

Btw uda lama gue ga nulis di blog gw ini, semenjak hidup gw di iringi dengan berbagai hiruk pikuk kesibukan gw menjadi seniman. Iya, seniman. Jadi penyanyi manggung di kafe, bar, wedding, gathering dan sebagainya. 

Kalo ada yang bilang, ahhh elu jadi penyanyi gimana hidupnya malem, ga ada jenjang karirnya , mending gue kerja di kantor jadi staff , ada jenjang karirnya ada bonusnya, ada ada aja mulutmu nak. Kalo mau tau berapa penghasilan musisi yang lumayan di jakarta city that never sleep itu sbnernya cukup menjanjikan. 
Nih gw jabarin beberapa keuntungannya,

Pertama kerja kita ga selama kerja kantoran 8 jam di kantor, blom ada yang wajib lembur dkk, dsb, paling dalam satu kali perform kita cuma ngabisin 2-3 jam. 
Kedua, di bayar sesuai. Yah kalo misalnya tiap hari kita nyanyi reguler 1 tempat senin sampai jumat yah kira2 penghasilan mungkin sama kaya manager kalian di kantor. 
Ketiga kami ga dapet bonus mungkin tapi ada yang namanya event, kerjaan di luar regulee job kita sekali event harganya beragam, bisa 25% umr, atau bahkan 50% jakarta. 
Mayan kan jadi musisi. 

Tapi sebenernya banyak juga kekurangan jadi musisi, selain tubuh bekerja saat malam gara2 perform di bar pasti malem sampe pagi. Ada lagi beberapa hal yang bisa kalian pikirin kalo mau jadi musisi. 

Pertama, bener jenjang karirnya itu terlalu bebas. Kalo jadi musisi yang berkarya pun kemungkinannya ada dua. Bikin lagu terkenal banget atau bikin lagu malah ga terkenal duit abis buat recording. 
Kedua, ga punya uang pasti tiap bulan, ga jarang band itu main di suatu tempat bertahan paling 3-6 bulan, kadang ada juga sebulan kelar, tergantung kebijakan tempatnya. Jadi bisa aja bulan ini kalian main sampe bego tiap hari untuk mengumpulkan pundi-pundi tapi bulan depannya kalian kosong sama sekali. Makanya kayanya musisi harus pinter nabung deh. 
Ketiga, social judgement yang entah dari keluarga lu kaya tante lu, om lu, atau bahkan dr orangtua sendiri.

Emang bener sih musisi menurut gue harus berkarya. Gue percaya setiap karya punya pendengarnya masing-masing. Untuk itu gw bikin satu band sama gitaris yang bisa bareng reguleran ama gw. Berangkat dari perbincangan gue bedua ama gitaris gw ini si @bang.kingkong gue ama dia mau punya sarana buat berkarya, pake lagu yang kita bikin sama2. Mungkin nanti gw ceritain kisah2 dari lagu yang kita buat. 
Btw kalo ada yg mau nonton ada salah satu lagu yg uda kita masukin ke youtube, nih linknya gue kasih 
Liat aje kalo mau. 

Btw soal musisi dan pekerja kantoran itu cuma opini gue, yang kita jalanin kan beda2 jalannya. Gue tetep respect sama pilihan apapun di hidup kalian, hidup yang penting bahagia jalanin apa yang kalian mau usahakan yang kalian mimpikan sebisanya. 

Jangan berenti. Setiap tujuan yang mau kita ambil, jalannya berat tapi pas kita uda sampe disana pasti kita bahagia. Tapi kalaupun itu bukan jalannya bukan berarti kita diam dan ga cari jalan lain dong. 
Okey guys. Udah dulu gue pegel nulis di hape. 

Peace, love, and semangaaattt... 

1 komentar: